TUJUAN MEDITASI ADALAH FIKIRAN DIAM. KALAU BELUM BISA DIAM BERARTI BELUM MEDITASI - ShamMind Training

ShamMind - The Art Of SUWUNG.

PENGETAHUAN bisa saja kita dapatkan dari berbagai macam literatur, buku, orang bijak termasuk OSHO atau bahkan dengan sangat mudah bisa kita cari dapatkan dari Google. Tapi PEMAHAMAN mesti di alami sendiri.

Dan.. sangat tidak mungkin kita mengukur pinggang orang lain dengan pinggang kita sendiri. Artinya bahwa standarisasi pemikiran kita tidaklah mutlak dijadikan PARAMETER atau ukuran buat orang lain. Tidaklah bisa diri kita dijadikan pembanding untuk umum, karena tidak ada kesepakatan parameter.

Gabung Group WA ShamMind Training Klik Disini!

Pertanyaan berikut ini cukup unik juga untuk kita bahas.

T5 : Apakah fikiran bisa diam dalam meditasi? Dan apakah SUWUNG itu sulit?

Adalah SANGAT MUNGKIN MEMBUAT FIKIRAN DIAM dalam meditasi. Tentu apa bila syarat dan prasyaratnya terpenuhi. Namun sangatlah tidak mungkin membuat ujug-ujug fikiran diam ketika Meditasi. Harus ada langkah-langkah yang harus di lakukan step by step untuk pengkondisian fikiran agar fikiran menjadi lebih jinak. Seperti kuda liar, fikiran tidak begitu saja bisa diam sebelum dijinakkan.

Apa bila kamu tidak bisa menDIAMkan fikiran ketika meditasi, jangan lantas ini kamu jadikan tolak ukur bahwa semua orang juga tidak akan mungkin bisa mendiamkan fikirannya. Kita mesti menemukan pembimbing sekaligus praktisi Meditasi yang tepat untuk membantu melatih kita.

Kalau kita sudah menyatakan demikian, artinya kita menolak bahwa fikiran bisa demikian. Maka.. itulah yang terjadi. Kamu sudah berfikir bahwa kamu tidak bisa mendiamkan fikiran ketika meditasi. Maka fikiran mu SUDAH MENOLAK UNTUK BISA. Hingga itulah yang terjadi. Bagaimana peristiwa pendeta Buddha tibet yang bisa Meditasi ribuan jam? Bagaimana mereka bisa betah berhari-hari duduk diam, bila fikiran tidak bisa diam?

Tidak semua orang bisa belajar Meditasi menDIAMkan fikiran hanya dengan otodidak. Tetapi memang ada juga beberapa yang bisa mencapai SUWUNG hanya dengan otodidak. Aku sendiri termasuk orang yang beberapa ini. Walaupun memang butuh waktu lama, 3/4 umur ku habiskan hanya untuk belajar SPIRITUAL sendiri beserta dengan MEDITASI nya.

Dalam PELATIHAN ShamMind Training V - The Art Of SUWUNG, sebelum di latih SUWUNG, peserta akan dilatih terlebih dahulu mengenal fikiran, menyadari fikiran, me-manajemen fikiran, memisahkan fikiran dari produk-produk fikiran itu sendiri, lalu.. MENJINAKKAN FIKIRAN LIAR. Bukan ujug-ujug menDIAMkan fikiran. Ya.. nggak bisa dong pak!!

Emosi adalah produk fikiran. Emosi negatif atau bad feel yang terakumulasi, perlu di-realease agar emosi stabil. Ketidak stabilan emosi, dapat mempengaruhi fikiran ketika meditasi.

Asumsi dari berbagai hal juga yang dijadikan KEPASTIAN termasuk hal yang membuat FIKIRAN TIDAK BISA DIAM dalam meditasi. Asumsi yang dijadikan kepastian akan muncul kepermukaan dan mengajak fikiran untuk kembali liar.

Semua yang di atas akan kita bahas dan kita latih 3 hari nanti di puncak Cisarua.

SUWUNG sajalah!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MENCAPAI SUWUNG, ADA 3 TAHAPAN MEDITASI YANG MESTI DIJALANI.

TINGGALKAN FIKIRAN MU DI RANAH HAKIKAT. LALU TERBANGLAH LURUS KE ATAS BEBAS LEPAS. TANPA BENTUK, TANPA SEGALA MACAM TEORI NJLIMET MU, TANPA KONSEP APAPUN.

SUWUNG Itu Melihat Ke Dalam