AGAMA ADALAH ALAT BANTU YANG SANGAT EFEKTIF UNTUK MEMPENGARUHI FIKIRAN MANUSIA.



ShamMind - The Art Of SUWUNG.



T : Apa yang menyebabkan begitu banyak system kepercayaan?

A : Dalam dimensi materi.. fikiran butuh bentuk. Tanpa bentuk.. fikiran tak mampu membaca untuk bisa memahami essensi. Dengan kata lain.. segala macam bentuk (simbol) adalah ALAT BANTU untuk menegaskan fikiran agar DIYAKINI sekaligus meng-guide fikiran untuk mudah memahami essensi. Inilah yang kemudian membuat terpicu munculnya berbagai macam beliefe system, sesuai cara berfikir kolektif pada suatu daerah.

T : Berarti.. walaupun dari sumber yang sama.. inilah yang kemudian membuat pemahaman menjadi berbeda. Seperti Agama Budha di berbagai negara atau.. bahkan Islam di negara kita?

Y : Ya.. Ini yang menjadi masalah krusial di negara kita. Ketika frame dalam dimensi fikiran dinyatakan ke dalam dimensi materi untuk dikomunikasikan ke dalam fikiran-fikiran lainnya.. tentu akan di dorong oleh KEPENTINGAN dan KEINGINAN. Minimal.. keinginan untuk mempengaruhi fikiran lainnya. Ini yang menyebabkan agama sangat seksi di pakai sebagai kendaraan politik di negara kita. Buat kepentingan politik.. agama adalah alat bantu yang paling efektif untuk mempengaruhi fikiran manusia.
**********

SUWUNG sajalah!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MENCAPAI SUWUNG, ADA 3 TAHAPAN MEDITASI YANG MESTI DIJALANI.

TINGGALKAN FIKIRAN MU DI RANAH HAKIKAT. LALU TERBANGLAH LURUS KE ATAS BEBAS LEPAS. TANPA BENTUK, TANPA SEGALA MACAM TEORI NJLIMET MU, TANPA KONSEP APAPUN.

SUWUNG Itu Melihat Ke Dalam