APAKAH PELATIHAN SUWUNG JUGA MELATIH DAN MENGUATKAN CAKRA?


Kalau yang dimaksud adalah Cakra tubuh, justru saya banyak mendapatkan informasi dari luar. Dari berbagai macam buku-buku pengolahan energi tubuh misalnya, yang pasti akan membahas Cakra. Atau dari internet. Atau dari teman-teman yang sering membahas ini sebagai topik pembicaraan. Tetapi secara pribadi.. jujur saya tidak tau apa itu Cakra tubuh. Walau saya juga tidak bilang bahwa Cakra tubuh itu tidak ada. Tidak juga..

Yang pasti saya tidak lihat, tidak merasakan dan tidak tau. Entahlah mereka yang memang mempunyai kemampuan melihat Cakra.. artinya mereka memang mengalami melihat sendiri. Bukan berdasarkan pengumpulan informasi dari luar.

Dalam beberapa peng-analisaan, untuk mendekati atau untuk meneliti maksud, saya kadang menggunakan teori tentang CAKRA. Tujuannya tentu untuk menyusun teori baru. Ada beberapa pemahaman yang muncul dari pengalaman yang untuk sementara saya pakai teori tentang Cakra untuk di sampaikan pada orang lain.


Bukankah pengetahuan tentang Cakra itu mesti di pelajari dalam setiap OLAH SPIRITUAL?

Yang me-mestikan itu siapa? Dan bagaimana pula olah spiritual itu? Bila bicara spiritual.. saya sepakat bahwa MANUSIA ADALAH MAKHLUK SPIRITUAL. Artinya.. di olah atau tidak di olah spiritual tersebut.. manusia melakukan perjalanan dan proses spiritual itu sendiri dalam hidup. Dari brojol lahir sampai mati.

Sesederhana itu?

Ya.. sesederhana itu. Hanya saja.. untuk membaca dan mengetahui.. fikiran butuh bentuk. Namun.. fikiran lebih menyenangi bentuk-bentuk yang rumit. Jadi.. semakin rumit suatu bentuk.. semakin percaya fikiran pada kepastian bentuk tersebut.

Ok.. kita kembali tentang Cakra Bang. Jadi bang Indi tidak percaya Cakra itu ada ya?

Haha.. saya tidak bilang begitu kan tadi. Saya tidak bilang bahwa saya tidak percaya, juga tidak bilang bahwa saya percaya. Ya.. fikiran memang sulit untuk membaca bila tidak ada bentuk. Pertanyaan barusan adalah suatu bukti bahwa fikiran anda sangat tergantung pada kepastian bentuk. Dalam hal ini.. BENTUK PASTI SAYA PERCAYA ADANYA CAKRA dan atau BENTUK PASTI SAYA TIDAK PERCAYA ADANYA CAKRA. Sekali lagi saya sampaikan bahwa fikiran saya tidak memuati keduanya.

**********

SUWUNG sajalah!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MENCAPAI SUWUNG, ADA 3 TAHAPAN MEDITASI YANG MESTI DIJALANI.

TINGGALKAN FIKIRAN MU DI RANAH HAKIKAT. LALU TERBANGLAH LURUS KE ATAS BEBAS LEPAS. TANPA BENTUK, TANPA SEGALA MACAM TEORI NJLIMET MU, TANPA KONSEP APAPUN.

SUWUNG Itu Melihat Ke Dalam