4 Hal Ini Yang Membuat Anda Sulit untuk Mendiamkan Fikiran Saat Meditasi

MENGAPA SUSAH UNTUK MENDIAMKAN FIKIRAN DALAM MEDITASI?

ShamMind - The Art Of SUWUNG.

Sudah berkali-kali aku sampaikan bahwa meditasi adalah membuat fikiran diam. Fikiran yang diam akan memunculkan KESADARAN. Permasalahan utama ternyata adalah fikiran ternyata sulit untuk diam. Tidak segampang seperti yang dibicarakan. Ini yang mestinya kita cari tau penyebabnya. Mengapa fikiran sulit untuk diam?

Ada 4 halangan utama yang berhasil aku himpun :

1. KARAKTER FIKIRAN ADALAH BERFIKIR. 
Fikiran tidak akan bisa meninggalkan karakternya sendiri untuk tidak berfikir. Sampai kapanpun fikiran tidak bisa kosong, karena karakter dasarnya adalah berfikir. Karena itulah kita mesti memberikan titik fokus agar fikiran berfikir untuk mengamati, mengawasi dan menjaga fokus tersebut tidak hilang dan diam di situ.

2. FIKIRAN CENDERUNG MENILAI KELUAR.
Untuk mendapatkan kenyamanan, fikiran cenderung meletakkan diri sendiri sebagai parameter kenyamanan, dengan menilai ke luar. Bahwa segala yang di luar yang tak sesuai parameter diri sendiri adalah salah. Hal ini membuat fikiran sulit untuk diam. Untuk mengatasi ini, penilaian fikiran di arahkan ke dalam diri. Bahwa segala yang di luar adalah tergantung apa yang di dalam.

3. FIKIRAN MEMBENTUK MENTAL.
Mental adalah kondisi kejiwaan yang terbentuk di fikiran bawah sadar. Dibentuk oleh fikiran yang selama ini menyerap pengalaman, wawasan, cara berfikir karena system kepercayaan yang ditanamkan oleh lingkungan baik oleh budaya maupun oleh agama. Namun ada banyak pondasi mental (baca : bloking mental) yang justru menghambat perjalanan menuju KESADARAN yang paripurna, karena pengalaman selama hidup, yang tidak sesuai dengan paradigma berfikir saat ini. Ini menjadikan hal-hal yang tak sesuai dengan paradigma berfikir muncul kepermukaan ketika meditasi. Terjadilah konflik bawah sadar dan fikiran sulit untuk diam. Disinilah kita mesti memahami bahwa benar dan salah itu selamanya selalu relatif. Maka fikiran dilatih untuk tidak melekat dan terserap pada apapun kecuali pada kesadaran itu sendiri.

4. FIKIRAN CENDERUNG BERDAGANG DALAM MEDITASI.
Kecenderungan fikiran untuk mendapatkan kontribusi positif, justru membuat fikiran mengejar keuntungan ketika melakukan meditasi. Seperti ingin sakti, ingin bisa ini dan itu, ingin mempunyai energi dan lain sebagainya. Memaksakan keinginan membuat fikiran sulit untuk diam ketika meditasi. Padahal untuk diam dalam meditasi, fikiran mesti low. Tidak berfikir berat, tidak berkeinginan apapun kecuali hanya diam saja. Tetapi tidak memaksakan fikiran untuk diam.

Maka... SUWUNG sajalah!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MENCAPAI SUWUNG, ADA 3 TAHAPAN MEDITASI YANG MESTI DIJALANI.

TINGGALKAN FIKIRAN MU DI RANAH HAKIKAT. LALU TERBANGLAH LURUS KE ATAS BEBAS LEPAS. TANPA BENTUK, TANPA SEGALA MACAM TEORI NJLIMET MU, TANPA KONSEP APAPUN.

SUWUNG Itu Melihat Ke Dalam