The Art Of SUWUNG - Fikiranlah Yang Membentuk Dan Memberi Warna Suatu Benda, Bukan Benda Itu Sendiri!

FIKIRANLAH YANG MEMBENTUK DAN MEMBERI WARNA SUATU BENDA. BUKAN BENDA ITU SENDIRI.

Om Rene Descrates bilang "Aku berfikir maka aku ada!" Sederhananya om RD ingin memberikan pemahaman pada kita bahwa keberadaan kita ada saja karena fikiran kita berfikir bahwa kita ada. Aku beri contoh sederhana, benda apa yang anda lihat saat ini? Komputer? Laptop? Perangkat Android? Bagaimana bentuknya? Apa warnanya? Apapun yang anda lihat bentuknya, warnanya bukan karena bendanya, tapi karena fikiran anda lah yang membentuk, bentuknya itu benda dan warnanya itu benda. Bisa anda pahami?

Apa lagi keberadaan hal-hal lainnya. Sebab itulah makanya aku bilang bahwa disatu sisi LOGIKA membuat kita banyak memahami apapun. Tapi di sisi lain, LOGIKA adalah pondasi kecerdasan kita yang justru merupakan batasan kita berfikir. Maka tak heran bila logika anda berfikir meletakkan diri anda pada standard kebenaran dan menilai fikiran orang lain di luar diri anda yang tak sependapat dengan anda adalah SALAH.

Dalam ShamMind, tak ada salah dan benar, tidak ada penilaian apapun. Setiap orang mempunyai jalan masing-masing dan itu semua adalah proses buat dirinya sendiri. Bila hidup adalah pilihan, maka setiap pilihan hidup orang tersebut merupakan jalan proses hidupnya sendiri. Sebab setiap pilihan ada alasan pribadi sipemilih yang mendasari untuk memilih pilihannya. Dan kita sama sekali tidak bisa menjastifikasi bahwa pilihannya sebagai salah atau benar. Tidak sama sekali. Ruang pilihan itu adalah ruang privacy dan tak ada satupun orang di luar dirinya yang mengetahui alasan pribadinya untuk memilih jalan hidupnya. Dan hal ini disadari benar oleh para ShamMind.

Ini bukan sekedar free will (konsep yang membebaskan orang lain untuk memilih jalan hidupnya sendiri, terlepas jalan yang dipilihnya itu salah atau benar), tetapi ini adalah konsep, bahwa setiap orang mempunyai jalan yang berbeda menuju kesadaran kolektif tanpa ada penilaian salah atau benar.

ShamMind hanya menyederhanakan fikiran tanpa menilai. Semakin sederhana fikiran berfikir, semakin mudah untuk mendapat SUWUNG. Semangkin kosong muatan fikiran, tentu saja semangkin cepat KOSONG itu diraih. Yang tak sesuai dengan logika berfikir disimpan dulu, tidak ditolak tapi tidak juga diterima begitu saja. Biarkan nantinya yang menerima atau menolak adalah pengalaman yang mendukung atau yang bertentangan.

Ingin mengikuti pelatihan ShamMind online? Klik Disini.

#ShamMind

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MENCAPAI SUWUNG, ADA 3 TAHAPAN MEDITASI YANG MESTI DIJALANI.

TINGGALKAN FIKIRAN MU DI RANAH HAKIKAT. LALU TERBANGLAH LURUS KE ATAS BEBAS LEPAS. TANPA BENTUK, TANPA SEGALA MACAM TEORI NJLIMET MU, TANPA KONSEP APAPUN.

SUWUNG Itu Melihat Ke Dalam