Tips Meditasi ShamMind - Part 7 (Final Chapter)

Mempersiapkan segalanya sebelum meditasi itu perlu. Bukan hanya memenej fikiran tapi juga memilih tempat dibagian rumah atau kamar mana yang asyik buat meditasi. Dapat meredam bunyi-bunyian yang tentu saja mengganggu fikiran yang sedang berjalan menuju suwung. Interior tempat juga membantu kenyamanan. Anda boleh memasang simbol-simbol yang mewakili diri anda. Patung, gambar atau foto. Beri wangi-wangian, boleh dengan dupa yang mengesankan mistik, boleh dengan bunga-bungaan seperti mawar, melati, kantil dan lainnya.

Persiapkan juga bantal duduk kalau anda mau. Ingat sebagai pemula, anda mesti membiasakan diri duduk berlama-lama. Tentukan anda mesti menghadap kemana sesuai dengan apa yang anda yakini. Semprotkan racun nyamuk, sebab nyamuk sangat mengganggu fikiran anda yang sedang fokus.

Kini persiapkan diri anda sendiri. Bersihkan diri anda, aku sarankan anda mandi agar tubuh anda bersih dan segar. Pake parfum yang anda suka. Dan pake pakaian yang tidak sempit agar sirkulasi darah lancar dan tidak membuat kesemutan bila duduk lama. Dengan lancarnya sirkulasi darah, sirkulasi energi juga menjadi lancar. Jangan terlalu kenyang terutama persedikit makanan yang mengandung gula. Kenyang dan gula hanya mengundang rasa kantuk saja. Biasakan untuk tidak memakai musik bila bermeditasi menuju kedalaman. Sebab nantinya musik akan mengganggu fokus anda. Kecuali bila anda meditasi hanya untuk ketenangan fikiran saja. Tapi kali ini tujuan anda adalah suwung.

Bila menurut anda semuanya ok, baik tempat maupun diri anda sendiri. Maka anda siap untuk duduk meditasi ShamMind menuju suwung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MENCAPAI SUWUNG, ADA 3 TAHAPAN MEDITASI YANG MESTI DIJALANI.

TINGGALKAN FIKIRAN MU DI RANAH HAKIKAT. LALU TERBANGLAH LURUS KE ATAS BEBAS LEPAS. TANPA BENTUK, TANPA SEGALA MACAM TEORI NJLIMET MU, TANPA KONSEP APAPUN.

SUWUNG Itu Melihat Ke Dalam